E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. E-commerce biasanya dihubungkan dengan proses pembelian dan penjualan melalui internet atau setiap transaksi bisnis yang melibatkan perpindahan kepemilikan atas barang atau jasa melalui jaringan komputer. 

Terdapat 12 (dua belas) pokok bahasan yang harus dikuasai secara penuh oleh peserta didik, masing-masing adalah sebagai berikut:

  1. Dunia Electronic Commerce
  2. Proses Bisnis Dalam Kerangka Electronic Commerce
  3. Arsitektur Bisnis dan Teknologi dalam Pengembangan Electronic Commerce
  4. Membangun Komunitas Dunia Maya
  5. Fenomena B-Web di Dunia Maya
  6. Virtual Value Chain
  7. Kesalahan Utama memulai Bisnis di Dunia Maya
  8. Sistem Keamanan Komunikasi Dalam Electronic Commerce
  9. Strategi Pengadaan Software Electronic Commerce
  10. Konvergensi Industri di Dunia Maya
  11. Para Arsitek Sistem Electronic Commerce dan Kompetensinya
  12. Jurus Membangun dan Mempertahankan Loyalitas Konsumen

Setelah peserta didik menguasai 6 (enam) pokok bahasan pertama, maka yang bersangkutan diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester. Sementara itu Ujian Akhir Semester akan dilaksanakan di akhir perkuliahan dimana peserta didik akan diuji kompetensinya terhadap penguasan akan seluruh 12 (dua belas) pokok bahasan yang dipelajari. Disamping itu, peserta didik juga diharuskan secara aktif mengikuti proses diskusi, latihan, dan kuis - serta mengerjakan tugas yang diberikan.


  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mata kuliah Perancangan dan Implementasi Basis Data Relasional adalah matakuliah Program Sarjana (S1) dengan bobot 4 sks, dengan muatan teori 3 sks dan praktikum 1 sks. Matakuliah ini dapat diikuti oleh mahasiswa S1 program studi rumpun informatika dengan berbagai variasi nama program studi dan berbagai variasi nama mata kuliah sesuai dengan yang berjalan di kurikulum perguruan tingginya dengan capaian pembelajaran serupa.

Mata kuliah ini berisi berbagai penjelasan dan aktifitas untuk memahami konsep basis data, melakukan perancangan basis data relasional serta mengimplementasikannya dalam bahasa basis data.

Setelah selesai kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami konsep data dan informasi
  2. Konsep basis data dan sistem basis data
  3. Arsitektur sistem basis data
  4. Perancangan basis data dengan pendekatan entity relationship diagram
  5. Perancangan basis data dengan pendekatan normalisasi
  6. Mengimplementasikan rancangan basis data dalam software pengelola basis data dengan menggunakan tool
  7. Mengimplementasikan rancangan basis data dalam software pengelola basis data dengan menggunakan tool
  8. Mengimplementasikan rancangan basis data dalam software pengelola basis data dengan menggunakan bahasa basis data
  9. Mengelola data pada software pengelola basis data dengan bahasa basis data
  10. Menampilkan informasi dari basis data dengan menggunakan bahasa basis data

Dosen Pengampu Mata Kuliah ini adalah Dr. Kusrini, M.Kom. Dosen Universitas AMIKOM Yogyakarta. Jika ada kesulitan dengan materi perkuliahan ini dapat menghubungi dosen melalui kusrini@amikom.ac.id.

Peserta mata kuliah yang telah menyelesaikan mata kuliah ini akan mendapat surat keterangan dari Universitas AMIKOM Yogyakarta, bahwa mahasiswa telah menempuh matakuliah Perancangan dan Implementasi Basis Data Relasional sebanyak 4 sks dengan nilai sesuai dengan nilai yang diperoleh. Bagi peserta mata kuliah yang program studinya telah memiliki Surat Perjanjian Kerjasama dengan Universitas AMIKOM Yogyakarta, maka surat tersebut dapat dijadikan dasar untuk melakukan konversi nilai ke mata kuliah yang sesuai di kurikulum program studinya.

  • Enrolled students: 1