Cyber Security

Mata Kuliah Cyber Security ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendalami seluk beluk keamanan informasi dan internet. Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat moderen dewasa ini. Bahkan bagi generasi yang lahir setelah tahun 1995, internet telah membentuk sebuah dunia tersendiri seperti layaknya bumi di tempat manusia berada. Dalam dunia maya ini, melalui beraneka ragam peralatan teknologi informasi dan komunikasi, para individu maupun kelompok-kelompok masyarakat saling berinteraksi, bertukar pikiran, dan berkolaborasi untuk melakukan sejumlah aktivitas kehidupan

Beberapa materi yang akan dibahas antara lain :.

  • Fenomena Keamanan Informasi dan Internet, 
  • Hackers dan Kerawanan Sistem, 
  • Serangan dan Strategi Pengamanan, 
  • Penyusunan Kebijakan dan Prosedur Keamanan, 
  • Transaksi Elektronik dan Bukti Digital 
  • Three Domains of Cyber Security, 
  • Cyber Safeguarding, Cyber Defense, Cyber Offense, 
  • Malware and Forensics Analysis, 
  • Vulnerability Analysis and Penetration Test, 
  • Cyber Warfare and Cyber Deterrence,
  • Cyber Crime, Cyber Extortion, and Cyber Terrorism, 
  • Cyber SIx and Cyber Security Principles, 
  • Case #1: Cyber Monitoring by Norse, 
  • Case #2: DDOS Attacks Visualition, 
  • Case #3: Cyber Attacks by Akamai, 
  • Case #4: Cyber Great by Kaspersky

Dosen : Prof Richardus Eko Indrajit
Asdos : Rangga Firdaus, M.Kom

  • Enrolled students: 89
IT Project Management

Projek Manajement IT 

Saat ini proyek Teknologi Informasi sehingga menyediakan tantangan khusus untuk para Manajer Proyek agar berkoordinasi lebih intensif dengan para pihak yang berkepentingan atas proyek itu sendiri serta dituntut untuk memiliki kemampuan mengintegrasikan seluruh kompetensi teknis yang dimilikinya. Dalam mengelola proyek Teknologi Informasi, kita akan menemukan faktor penentu keberhasilan dan risiko yang terkait dengan kita perlu strategi dan tehnik yang digunakan oleh para Manajer Proyek ini yang telah berpengalaman agar proyek dapat dikelola dengan baik dan proyek dapat diatur dengan tepat sesuai anggaran.

Materi ini akan membahas semua elemen yang membahas tentang manajamen proyek Teknologi Informasi tentang perangkat keras (perangkat keras), piranti lunak (perangkat lunak), sistem terintegrasi, komunikasi, manajemen risiko dan sumber daya manusia. Peran Project Manager dan anggota tim pada setiap fase daur ulang proyek akan dikaji dan didiskusikan untuk dipelajari, pengalaman,  tehnik dan metode serta alat yang tepat untuk membantu setiap proses proyek.

Setelah mengikuti Pelatihan Information Technology Project Management ini, peserta diharapkan memiliki pengetahuan untuk:

Memahami komponen dan peran manajemen proyek Teknologi Informasi
Mengembangkan tim manajemen proyek yang solid dan berkinerja tinggi
Menyusun rencana dan program untuk mengelola proyek
Menyusun anggaran dan menyediakan pembiayaan proyek
Mengelola dan menjalankan strategi yang tepat atas resiko proyek
Mengidentifikasi peluang dan ancaman serta menilai bobotnya dalam proyek
Menyusun strategi untuk merespons resiko umum proyek
Mengendalikan dan menyelesaikan proyek
emahami dan menguasai manajemen kualitas Teknologi Informasi
Menguasai Sistem Informasi Manajemen Proyek
Menemukan solusi untuk semua masalah yang berkaitan dengan proyek

Dosen : Prof. Drs.Ec. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc., Ph.D
Asdos : Rangga Firdaus, M.Kom

Rekayasa Perangkat Lunak

Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak ini memberikan pemahaman dan penguasaan kepada mahasiswa mengenai berbagai macam model proses dalam rekayasa perangkat lunak seperti Waterfall Model, Prototyping Model, RAD Model, dan Evolutionary Process Models (Incremental dan Spiral Model), Analysis Modeling, Design Model, Object Oriented Analysis and Design (OOAD), Testing Strategies, dan Software Testing Method.

IT Audit

IT AUDIT
Silahkan rekan rekan simak perbincangan 2 Profesor (Prof. Eko Indrajit dan Prof Riyanarto) yang membahas IT Audit secara elegan dan mudah untuk dipahami, kini hadir ditengah kita, selamat mengikuti IT Audit Open Education MOOC Aptikom

Pembahasan detail dalam video terkait IT Audit akan kita bahas lebih langjut oleh Prof Riyanarto Sarno dipertemuan mendatang, 

Perkenalkan saya Riyanarto sebagai pemateri IT Audit bersama dengan Kelly dan Rangga, akan membersamai rekan sekan semua dalam mempelajari materi IT Audit. Pembelajaran materi ini disiapkan setara dengan mata kuliah berbobot 3 sks untuk mahasiswa S1. Dalam materi pembelajaran ini akan dibahas beberapa materi antara lain : Memahami konsep dasar Pengenalan Audit S/TI Mendisain Information Systems Security Mencoba Audit S/Ti Dengan Process Mining Pengenalan Cobit Prinsip Serta Tujuan Tata Kelola Dan Manajemen Pada Cobit 2019 Audit S/Ti Menggunakan Cobit 2019 Penyelarasan Enterprise Goals Ke Governance Dan Management Design Factors Studi Kasus
Diharapkan, semua peserta dapat mengikuti dengan baik pembelajaran ini, sehingga dapat memahami, hingga melakasankan dan menjalankan aktifitas yang ada dalam materi ini di kehidupan nyata.
Semoga kita semua dapat menjalani perkuliahan ini dengan senang, mudah, lancar dan penuh semangat. Selamat belajar..

Dosen  : Prof. Drs.Ec. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc., Ph.D
                Kelly Rossa Sungkono, S.Kom., M.Kom
Asdos :  Rangga Firdaus, M.Kom

  • Enrolled students: 15
Artificial Intelligence

Dalam materi pembelajaran artifical intelligence ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana membuat mesin atau komputer mempunyai intelegensia buatan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan sederhana maupun kompleks untuk membantu mengatasi kelemahan dan kekurangan manusia dengan metode-metode yang telah dikembangkan oleh para ilmuwan artificial intelligence.