Topic outline

  • Profil Mata Kuliah

  • Panduan menggunakan Piranti Komunikasi Sinkronus Vmeet

  • Dosen Pengampu Matakuliah dan Asisten

  • Repositori Konten dan Materi Pembelajaran

  • Pokok Bahasan#1: PRINSIP EKONOMI DUNIA MAYA

  • Pokok Bahasan#2: SPEKTRUM EVOLUSI DUNIA MAYA

  • Pokok Bahasan#3: E-BUSINESS DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (DAYA SAING)

  • Pokok Bahasan#4: EVOLUSI E-BUSINESS

  • Tugas A

    1. Bandingkan dan kemukakan perbedaan model bisnis antara detik.com dan kompas.com

    2. Bagaiamana pandangan saudara terhadap bebagai Aplikasi Online yang marak berkembang saat ini, seperti aplikasi online GOJek, Grab, Uber , Traveloka, Bukalapak dan sejenisnya? apakah berdampak baik ? Berikan penjelasan dan pandangan saudara.

    3. Bagaimana mengelola sebuah Smart City ? dan berikan contoh yang telah menerapakna Smart City?

    4. Bagaiamana keamanan dan pandangan saudara untuk situs Pelelangan di Indonesia (LPSE) apakah termasuk dalam kategori E-Business ?

    Selamat mengerjakan tugas, dan ikuti aturan yang telah ditentukan dalam mengerjakan tugas ini.

    Terima kasih

  • Pokok Bahasan #5: LANSEKAP KEMITRAAN E-BUSINESS

  • Pokok Bahasan #6: PROSES DAN SERVICES DALAM E-BUSINESS

  • Ujian Tengah Semester

    Jelaskan secara detail langkah-langkah mengembangkan bisnis jual beli barang bekas berbasis internet dari mulai tahap konseptual ide hingga pembangunan situs yang siap pakai !

  • Pokok Bahasan #7: E-BUSINESS TERINTEGRASI DAN TERPADU

  • Pokok Bahasan #8: ANTARA DUNIA FISIK DAN DUNIA VIRTUAL

  • Tugas B

    1. Analisalah dan jelaskan dari mana saja situs agoda.com memperoleh pendapatan dan keuntungannya !

    • Pokok Bahasan #9: ARSITEKTUR DAN ANATOMI E-BUSINESS

    • Pokok Bahasan #10: PELANGGAN DI DUNIA MAYA

    • Pokok Bahasan #11: KOMUNITAS VIRTUAL DI INTERNET

    • Pokok Bahasan #12: E-BUSINESS DAN E-COMMERCE

    • Tugas C

      Berikan 1 contoh implementasi E-Business yang gagal dan kemukakan penyebab kegagalannya !

      • Ujian Akhir Semester

        Jelaskan isi dokumen rencana E-Business seperti apa yang tepat dipergunakan untuk mendapatkan investor utama !

        Berikan penjelasan bagaimana membuat salah satu dari penerapan E-Business yang dianggap berhasil. !

      • Tautan dan Pustaka Digital

      • Lisensi HAKI

        Lisensi Creative Commons adalah beberapa lisensi hak cipta yang diterbitkan pada 16 Desember 2002 oleh Creative Commons, suatu perusahaan nirlaba Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 2001. Banyak di antara lisensi-lisensi tersebut, terutama lisensi original, yang memberikan "hak dasar", seperti hak untuk mendistribusikan karya berhak cipta tanpa perubahan, tanpa biaya apapun. Beberapa lisensi yang lebih baru tidak memberikan hak tersebut. Lisensi Creative Commons saat ini tersedia dalam 34 yurisdiksi yang berbeda di seluruh dunia, dengan sembilan lainnya dalam tahap pengembangan.

        Semua lisensi original memberikan "hak dasar". Detail masing-masing lisensi ini bergantung pada versi, dan terdiri dari pilihan empat kondisi:

        1. Atribusi (attributionA, “BY”): Mengizinkan orang lain untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, serta membuat karya turunan berdasarkan suatu karya hanya jika orang tersebut memberikan penghargaan pada pencipta atau pemberi lisensi dengan cara yang disebutkan dalam lisensi.
        2. Nonkomersial (noncommercialNK, “NC”): Mengizinkan orang lain menyalin, mendistribusikan, menampilkan, serta membuat karya turunan berdasarkan suatu karya hanya untuk tujuan nonkomersial.
        3. TanpaTurunan (no derivative worksnoderivsTKT, “ND”): Mengizinkan orang lain menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan hanya salinan sama persis (verbatim) suatu karya, bukan karya turunan yang berdasarkan karya tersebut.
        4. BerbagiSerupa (share-alikeBS, “SA”): Mengizinkan orang lain untuk mendistribusikan suatu karya turunan hanya di bawah suatu lisensi yang identik dengan lisensi yang diberikan pada karya aslinya. (Lihat pula copyleft.)

        Adapun lisensi yang dipergunakan untuk mata kuliah ini adalah: "Pencipta diberi kredit dan boleh diturunkan dengan lisensi yang identik untuk tujuan non komersial saja".

        • Survei

          Survei adalah pemeriksaan atau penelitian secara komprehensif. Survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian biasanya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau wawancara, dengan tujuan untuk mengetahui: siapa mereka, apa yang mereka pikir, rasakan, atau kecenderungan suatu tindakan. Survei lazim dilakukan dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif.

        • Kontak Informasi

          Semua Informasi perkuliahan dapat di akses di alamat : https://mooc.aptikom.or.id/